Agar laporan yang akan disampaikan kepada atasan dapat digunakan sesuai dengan kegunaannya (fungsinya), maka laporan harus disusun secara tepat. Laporan dapat disusun secara tepat apabila prosedur atau langkah-langkah yang dilakukan dalam penyusunan nya tepat pula.
Langkah-langkah atau prosedur yang harus ditempuh dalampembuatan laporan adalah sebagai berikut:
1. Menentukan perihal (subyek)
Ini dilakukan dengan maksud:
a. agar yang akan dilaporkan terang dan jelas;
b. agar tahu membatasi diri (tidak melantur);
c. agar memenuhi keinginan pihak yang akan menerima laporan;
d. untuk mempermudah pengumpulan data.
2. Mengumpulkan fakta dan data
Data dan fakta yang dipergunakan dalam penyusunan laporan, misalnya:
a. Surat Keputusan dan landasan-landasan yuridis lainnya;
b. Skema atau struktur organisasi;
c. Data kepegawaian, keuangan, materiil, peralatan pemasaran dan sebagainya;
d. Rencana/program kerja;
e. Notulen rapat;
f. Grafik, tabel dan sebagainya;
g. Rumusan tugas, job description dan sebagainya;
h. Buku-buku pedoman kerja (manual).
Bahan-bahan laporan di atas diperoleh dari sumber-sumber primer (primary resource) maupun dari sumber-sumber sekunder (secondary resource); Sumber-sumber primer (primary resource), meliputi data dari :
a. Hasil wawancara;
b. Hasil diskusi;
c. Hasil pengisian daftar pertanyaan (questionaire);
d. Hasil observasi Iangsung;
Sumber-sumber sekunder (secondary resource) meliputi data dari:
a. Perpustakaan dan dokumentasi;
b. Statistik;
c. Almanak;
d. Buku harian;
e. Laporan-laporan;
f. Hasil riset dari lembaga.
3. Data yang telah terkumpul melalui cara-cara pengumpulan seperti tersebut di atas, agar dapat dipergunakan dengan baik, sistematis dan tepat harus diadakan pengklasifikasian dengan setepat-tepatnya.
Pengklasifikasian ini berguna dalam rangka :
a. menyusun sistematika laporan;
b. menentukan data mana yang perlu dimasukkan untuk analisis dan data mana pula yang cukup disertakan sebagai lampiran-lampiran;
c. mempermudah penentuan korelasi antara data yang satu dan data lainnya, dan selanjutnya akan mempermudah dalam analisisnya;
d. evaluasi dan pengolahan data
Setelah dibuat klasifikasi data sebagaimana diuraikan di atas, maka dapatlah diadakan evaluasi dan pengolahan (analisis) data;
e. membuat kerangka laporan
Share This :
comment 0 Comments
more_vert